Aceh

PT PIM Tingkatkan Hasil Pertanian Petani Melalui Program Makmur

×

PT PIM Tingkatkan Hasil Pertanian Petani Melalui Program Makmur

Sebarkan artikel ini

Infotoday.id, Aceh Timur – Untuk menunjang peningkatan hasil panen komoditas pertanian dengan mengunakan pupuk non subsidi di wilayah Sumbangut khususnya para petani Desa Blang Andam,Kecamatan Madat,Aceh Timur Provinsi Aceh.

PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) telah menjalankan Program MAKMUR yang di inisiasi oleh Kementerian BUMN bertujuan untuk mengedukasi, membina serta membantu petani dalam upaya meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan kualitas dan kuantitas hasil produksi pertaniannya.

Petani yang tergabung dalam program Makmur nantinya akan mendapatkan berbagai kemudahan seperti fasilitas KUR perbankan, ketersediaan stok dan harga pupuk yang sesuai, pembinaan dari tanam sampai panen, asuransi pertanian serta harga jual hasil panen yang kompetitif.

Kegiatan PT PIM dan Sang Hyang Seri (SHS) bekerjasama dengan Koperasi Pertanian Tambak Sari melakukan kegiatan Farmer Meeting kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Panen Raya di sawah petani Desa Blang Andam Madat, Aceh Timur, yang telah tergabung dalam program Makmur seluas 50 hektar.

Kegiatan ini dihadiri oleh PM Agrosolusion PT PIM, Manager Produksi SHS wilayah Aceh, Pimpinan Bank BSI KCP Panton Labu, Ketua HKTI Aceh Timur, Muspika Kecamatan Madat, Kepala Desa setempat, BPP Kecamatan Madat dan Petani binaan Koperasi Tambak Sari.

PM Agrosolusion PT PIM Athaillah, Kamis (11/5) mengatakan program Makmur sudah dijalankan sejak Tahun 2021 dan saat ini sudah masuk tahun Ke-3 serta setiap tahun petani yang tergabung terus bertambah.

“Realisasi Program Makmur Tahun ini sampai dengan Bulan Maret 2023 tersebar di seluruh wilayah Provinsi Aceh dengan berbagai komoditas tanaman seperti padi, jagung dan kelapa sawit,” katanya.

Ketua Koperasi Pertanian Tambak Sari Tarmizi mengakui, program Makmur ini sangat membatu petani baik dari segi pembiayaan, pendampingan lapangan, teknologi pertanian, serta harga jual hasil pertanian yang bersaing sehingga petani diuntungkan.

“Rata-rata hasil Gabah Kering Panen (GKP) padi sawah sebelum bergabung dengan Program Makmur sekitar 6,5 – 7 ton per hektar setelah bergabung dengan program Makmur meningkat menjadi 7,3 ton per hektare atau sekitar 15% sehingga program Makmur benar benar memakmurkan petani,”ujar Tarmizi.

Manajer Cabang PT. SHS Aceh Saiful Bahri mengatakan pihaknya mendukung program makmur yg sudah terealisasi di propinsi Aceh dengan maksimal.

 

“PT. SHS Aceh siap menjadi offtaker/penampung hasil panen padi dan juga penyedia benih padi unggul berkualitas untuk mensukseskan program makmur di propinsi Aceh,” tutup Saiful Bahri. (Dedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *