HeadlineTanjungpinangTerkini

SPMT Sukses Berikan Layanan Prima Selama Libur Nataru

×

SPMT Sukses Berikan Layanan Prima Selama Libur Nataru

Sebarkan artikel ini
Foto: Para penumpang saat menunggu keberangkatan di Terminal Sri Bintan Pura.

Infotoday.id – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, melalui Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), berhasil memberikan layanan prima dan optimal kepada para penumpang selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Hal ini tercapai berkat komitmen untuk menghadirkan kenyamanan dan keselamatan penumpang.

 

Branch Manager SPMT Tanjungpinang, Tonny Hendra Cahyadi, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan koordinasi seluruh tim operasional di lapangan.

 

“Kami telah mempersiapkan infrastruktur, sistem, dan personel sejak jauh hari untuk memastikan para penumpang dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman selama libur Nataru,” ujarnya, (15/01).

 

SPMT Tanjungpinang mengelola dua terminal penumpang, yakni Terminal Sri Bintan Pura yang melayani kapal rute domestik dan internasional, serta Terminal Sei Kolak Kijang yang melayani kapal rute domestik.

 

Selama periode libur Nataru, Terminal Sei Kolak Kijang mencatatkan trafik penumpang sebanyak 8.914 orang, yang meningkat 4% dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya. Trafik ini tercatat antara 10 Desember 2024 hingga 9 Januari 2025 (H-15 hingga H+15).

 

Begitu pula, Terminal Sri Bintan Pura mengalami kenaikan trafik penumpang sebesar 4% dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya, dengan jumlah mencapai 218.140 orang.

 

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Tonny menambahkan bahwa langkah persiapan telah dilakukan, termasuk penyiapan fasilitas operasional dan pendukung serta kesiapan dukungan teknologi. “Koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, instansi pemerintah, dan stakeholder pelabuhan lainnya juga menjadi prioritas utama untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kelancaran aktivitas penumpang,” jelas Tonny.

 

Selain itu, kelancaran layanan penumpang selama Nataru juga didukung oleh Posko Angkutan Nataru terpadu yang berkolaborasi dengan berbagai stakeholders untuk berfungsi sebagai pusat pengawasan, koordinasi, dan informasi guna memantau kenyamanan dan keselamatan penumpang.

 

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang, Capt. Dwi Yanto, menambahkan bahwa kesuksesan pelayanan penumpang pada periode Nataru ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara berbagai stakeholders di lingkungan pelabuhan. “Kami mengapresiasi kerja keras berbagai pihak yang turut mendukung kelancaran arus penumpang. Harapannya, capaian tahun ini dapat menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran untuk pelaksanaan di masa mendatang, sehingga kualitas layanan penumpang transportasi laut bisa terus ditingkatkan,” ujarnya.

 

Ke depan, SPMT berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan, guna memastikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi para penumpang. Pelindo juga menegaskan bahwa memberikan layanan terbaik menjadi prioritas utama, tidak hanya pada masa liburan, tetapi sepanjang tahun.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *